Wednesday, August 22, 2007

penderitaan

sesuatu yang dirasakan oleh setiap orang, baik dalam bentuk siksaan fisik karena sakit termasuk siksa secara ekonomi maupun siksa batin dan mental.
setiap orang akan menganggap apa yang dideritanya pasti lebih menyakitkan daripada penderitaan orang lain, itu hal wajar yang dirasakan manusia.
tapi satu yang seharusnya tidak akan hilang dari seseorang adalah ketika dia mampu merasakan bagaimana pedih, sakit, tersiksa dan menderitanya dia atas penderitaan yang dia rasakan adalah rasa empati, baik atas penderitaan diri sendiri maupun penderitaan orang lain, dan bukannya malah 'keras hati' atau tak peduli dengan orang lain.
'aaah...apa yang kamu derita belum apa2 dibanding dengan yang aku alami, aku sudah kehilangan berjuta-juta, dan berkorban banyak'
ketika mendengar itu, aku sedikit terhenyak, serasa tak percaya, bagaimana mungkin dia mampu mengatakan seperti itu atas sesuatu yang aku rasakan yang mana hanya aku yang merasakan dan tentunya aku tidak akan bercerita seberapa parah aku menderitanya (ini misal).
kemalangan seseorang jangan dijadikan acuan bahwa dia ato kita yang lebih malang, menurutku yang bisa kita lakukan adalah memberi dukungan, membesarkan hatinya, menguatkan dan mengatakan betapa hebat dan mampunya dia mengatasi semua masalahnya dan bukan mengatakan bahwa penderitaanya bukan apa2 dibanding orang2 lain....karena tidak ada yang mengetahu seberapa dasyat sebuah derita mampu ditanggung seseorang kecuali orang itu sendiri dan Tuhan.
itu gunanya teman bagi saya dan itu yang selalu saya coba lakukan kepada teman-teman saya sebagaimana beberapa sahabat saya melakukannya pada saya...mendukung dan mencintai saya apa adanya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home